Susunan Tata Surya dan Urutan Planetnya Lengkap!

Taufan Bara Mukti
Rabu, 26 Juni 2024 | 14:16 WIB
Sistem tata surya, susunan, dan urutan planet dalam tata surya
Sistem tata surya, susunan, dan urutan planet dalam tata surya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tata surya adalah benda-benda yang ada di langit dan dapat diamati dari bumi. Sistem tata surya dipimpin oleh sebuah bintang besar dan panas yang bernama matahari.

Tata surya adalah kumpulan benda-benda langit yang terdiri dari matahari dan semua obyek yang terikat oleh gravitasinya. Obyek yang terikat dengan gravitasi matahari antara lain planet-planet, satelit, dan jutaan benda langit lainnya seperti meteor, asteroid, dan komet.

Bumi yang kita tinggali ini adalah salah satu planet yang berputar mengelilingi matahari. Seluruh benda langit yang bergerak dalam pola tertentu tersebut disebut sistem tata surya.

Tata surya terletak di tepi Galaksi Bima Sakti dengan jarak sekitar 2,6 x 1.1017 km dari pusat galaksi, atau sekitar 25.000 - 28.000 tahun cahaya dari pusat galaksi. Tata surya mengelilingi pusat galaksi Bima sakti dengan kecepatan 220 km/detik dan membutuhkan waktu 225 hingga 250 juta tahun untuk sekali putaran.

Susunan Tata Surya

1. Matahari

Matahari adalah bintang yang terletak di pusat tata surya. Matahari berdiameter sekitar 1.392.684 km dengan massa mencapai 330.000 kali Bumi.

Sekitar 3/4 bagian dari matahari adalah hidrogen, adapun sisanya berupa helium, oksigen, karbon, besi, neon, dan lain-lain.

2. Planet

Planet adalah bintang yang letaknya berubah-ubah karena berputar mengelilingi matahari. Di sistem tata surya dikenal 8 planet yang terdiri dari 4 planet luar dan 4 planet dalam.

Setiap planet memiliki garis orbit masing-masing berbentuk elips. Gerak planet mengitari matahari disebut revolusi, gerak planet dalam porosnya disebut rotasi.

Benda langit bisa dikategorikan planet apabila memenuhi 3 kriteria, yakni mengorbit matahari, memiliki massa yang cukup untuk bergravitasi sendiri sehingga memiliki bentuk yang relatif bulat, dan tidak berbagi orbit dengan benda lain yang relatif sama ukurannya selain satelitnya sendiri.

3. Asteroid

Asteroid merupakan bongkahan batu langit dan sisa logam dengan ukuran yang berbeda-beda dan tak beraturan. Asteroid terbentuk dari sisa pembentukan tata surya di masa lalu.

Sebagian asteroid di tata surya dapat ditemukan di antara Mars dan Jupiter. Sekumpulan asteroid itu membentuk sabuk yang sama-sama bergerak mengitari matahari.

4. Satelit

Satelit adalah benda langit yang bergerak mengitari planet. Selain itu, satelit juga punya poros sendiri.

Dari cara terbentuknya, satelit dibedakan menjadi 2 yakni satelit alami yang terbentuk karena peristiwa alam dan satelit buatan yang dibuat oleh manusia.

5. Komet

Komet juga merupakan benda langit yang mengelilingi matahari dengan orbit berbentuk elips. Komet menyerupai bintang, sehingga banyak disebut bintang berekor.

Komet terbentuk dari partikel gas, es, dan debu. Saat komet mendekati matahari, lapisan es menguap dan jadi serupa ekor yang berada di depan. Diperkirakan ada lebih dari 100 miliar komet di tata surya. Yang paling terkenal barangkali adalah Komet Halley yang muncul setiap 76 tahun sekali.

6. Meteor

Meteor adalah pecahan batuan angkasa yang jatuh dan masuk ke dalam atmosfer Bumi. Saat menembus lapisan atmosfer, meteor akan bergesekan dengan udara sehingga menjadi panas dan terbakar.

Meteor yang tidak habis terbakar dan jatuh ke Bumi disebut meteorit. Meteor berpijar saat menembus atmosfer dan sering disebut sebagai bintang jatuh saat terlihat di langit.

Susunan Planet di Tata Surya

Susunan planet di tata surya terdiri dari delapan planet yang mengorbit Matahari. Berikut adalah urutan dan penjelasan singkat mengenai masing-masing planet:

1. Merkurius

Planet terdekat dengan Matahari. Tidak memiliki satelit alami. Permukaannya berbatu dan memiliki banyak kawah akibat tabrakan meteor.

2. Venus

Planet kedua dari Matahari. Atmosfernya tebal dan terdiri dari gas karbon dioksida dengan awan asam sulfat. Permukaannya panas dan memiliki tekanan atmosfer tinggi.

3. Bumi

Planet ketiga dari Matahari. Memiliki satu satelit alami, Bulan. Permukaan terdiri dari daratan dan lautan dengan atmosfer yang mendukung kehidupan.

4. Mars

Planet keempat dari Matahari. Dikenal sebagai "Planet Merah" karena permukaannya yang berwarna kemerahan. Memiliki dua satelit alami kecil, Phobos dan Deimos.

5. Jupiter

Planet kelima dari Matahari dan terbesar di tata surya. Terdiri dari gas dan memiliki lebih dari 79 satelit alami, termasuk Ganymede, satelit terbesar di tata surya.

6. Saturnus

Planet keenam dari Matahari. Dikenal dengan cincin es dan debu yang mengelilinginya. Memiliki lebih dari 80 satelit alami, termasuk Titan yang lebih besar dari planet Merkurius.

7. Uranus

Planet ketujuh dari Matahari. Memiliki atmosfer yang terdiri dari hidrogen, helium, dan metana, yang memberi warna biru kehijauan. Mempunyai 27 satelit alami.

8. Neptunus

Planet kedelapan dan terjauh dari Matahari. Memiliki atmosfer biru yang disebabkan oleh metana. Dikenal dengan angin tercepat di tata surya dan memiliki 14 satelit alami, termasuk Triton

Demikian informasi lengkap mengenai tata surya, sistem tata surya lengkap dengan urutan planet yang ada di tata surya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper