Jadwal Lengkap dan Tips Mengamati Hujan Meteor di Indonesia Hingga Akhir Tahun Ini

Redaksi
Rabu, 26 Juni 2024 | 21:21 WIB
Tangkapan layar dari video di X yang menunjukkan benda yang diduga meteor melintasi langit Portugal dan Spanyol/X(Twitter)
Tangkapan layar dari video di X yang menunjukkan benda yang diduga meteor melintasi langit Portugal dan Spanyol/X(Twitter)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hujan meteor yang terlihat di Depok beberapa waktu lalu menghebohkan jagad maya. Belakangan diketahui, fenomena yang sama juga terlihat di beberapa daerah lain.  

Menanggapi kabar tersebut, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membenarkan bahwa cahaya berwarna hijau yang terlihat di langit Depok itu merupakan perlintasan meteor berjenis sporadis.

BRIN sendiri telah mengatakan bahwa banyak fenomena antariksa yang bisa dipantau di langit Indonesia sepanjang 2024.

Peneliti Pusat Riset Antariksa, Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, Farahhati Mumtahana menyampaikan dengan terperinci fenomena astronomi yang terjadi selama tahun ini.

Dia menyebutkan, pada 3 Januari 2024 lalu misalnya, telah terjadi fenomena di mana Bumi mencapai Perihelion, yaitu titik terdekat dengan Matahari. Selain itu, sambungnya, peristiwa menarik lainnya adalah hujan meteor.

Adapun, hujan meteor terjadi ketika objek langit meteoroid terbakar saat memasuki atmosfer Bumi. Objek tersebut dapat berasal dari sisa komet atau asteroid yang juga mengorbit Matahari.

“Untuk berburu meteor, perlu diperhatikan iluminasi bulan, puncak kejadian, serta rasi bintang di dekat radian,” jelas Farah seperti dikutip dari laman resmi BRIN, pada Selasa (25/6/2024).

Jadwal hujan meteor yang terlihat di langit Indonesia hingga akhir 2024:

Jadwal Lengkap dan Tips Mengamati Hujan Meteor di Indonesia Hingga Akhir Tahun Ini

Sumber: BRIN

Sebelumnya, sejak awal awal tahun ini, Indonesia telah mengalami beberapa fenomena hujan meteor seperti Quadrantids pada 3-4 Januari; Lyrids pada 22-23 April; Eta Aquariids pada 6-7 Mei, hingga fenomena meteor sporadis yang 2 hari lalu terjadi di Depok.

Berdasarkan catatan Bisnis, diketahui selama Juni 2024 ini disebutkan akan terjadi hujan meteor bootids pada tanggal 22 Juni hingga 2 Juli, dimana puncaknya terjadi pada tanggal 27 Juni.

Hujan meteor itu diperkirakan akan mencapai puncak aktivitas sekitar pukul 12.00 WIB pada 27 Juni 2024, sehingga tampilan terbaik dapat terlihat sebelum matahari terbenam dan setelah senja pada tanggal tersebut.

Tips Mengamati Hujan Meteor

BRIN juga membagikan tips untuk mengamati hujan meteor. Hujan meteor berpeluang terlihat jelas jika Anda berada di tempat yang gelap dan berpandangan luas (tidak ada bangunan tinggi) seperti pegunungan atau pantai.

Jika bisa berdiri di bawah radian di belahan manapun maka hujan meteor terlihat lebih banyak.

“Bisa juga dengan memakai tenda jadi sambil camping atau menyiapkan tempat duduk/sofa karena menunggu bisa lama sekali. Dan ketika sekali keluar bisa sangat banyak, tetapi jeda juga lama. Sambil mengobrol dengan teman dan bawa bekal juga akan mengasyikan,” tutur Farahhati.

Farah juga mengingatkan bahwa tidak ada fenomena yang langsung berdampak pada kehidupan manusia. Kalaupun bisa, karena berada dalam lingkungan antariksa dampaknya tidak akan terlalu terasa. Meskipun ada untuk fenomena-fenomena tertentu saja seperti cuaca antariksa.

“Mari kita abadikan salah satu atau beberapa fenomena tersebut dan menjadikannya memori dari pengalaman yang indah, yang mungkin bisa jadi sekali seumur hidup,” tuturnya

(Maria Hermina Kristin)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper