Instagram Masih Jadi Media Sosial Favorit Gen Z, Ini Buktinya

Rika Anggraeni
Senin, 8 Juli 2024 | 12:00 WIB
Ilustrasi anak sedang bermain di depan logo Instagram/reuters
Ilustrasi anak sedang bermain di depan logo Instagram/reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Instagram masih menjadi platform media sosial favorit generasi Z atau Gen Z di rentang usia 16–24 tahun. Alhasil, jejaring sosial berbagi foto dan video itu masih bertengger di posisi teratas pada kuartal IV/2023.

Berdasarkan laporan yang dipublikasikan We Are Social dan Meltwater menunjukkan bahwa sebanyak 16,6% pengguna aktif media sosial berusia di rentang 16-64 tahun memilih Instagram sebagai platform media sosial favorit.

Jika dilihat dari gender, sebanyak 25,3% kelompok perempuan di usia 16–24 tahun memilih Instagram sebagai platform media sosial favorit. Begitu pun kelompok laki-laki di rentang usia yang sama dengan persentase sebesar 26,4%.

Platform milik Meta itu juga digandrungi pengguna di usia 25–34 tahun, di mana kelompok perempuan mencatatkan persentase sebesar 20% dan laki-laki 18,5%.

Bahkan, Instagram juga terpantau masih populer di kalangan usia 55–64 tahun, meski angkanya tidak dominan. Masing-masing sebesar 9,3% untuk kelompok perempuan dan sebanyak 5,9% adalah kelompok laki-laki.

Selanjutnya, di posisi kedua adalah layanan perpesanan instan WhatApp. dengan persentase sebesar 16,3% pada kuartak IV/2023. Mengekor, ada WeChat yang terpantau menjadi platform media sosial favorit ketiga sebesar 13%.

Laporan We Are Social dan Meltwater mengungkap deretan platform media sosial lain yang masuk kategori favorit pengguna antara lain Facebook sebesar 12,27%, TikTok sebesar 7,9%, dan Douyin sebesar 6,7%.

Sementara itu, platform media sosial milik Elon Musk, yakni X (dahulu Twitter) berada di urutan ketujuh. Persentasenya hanya sebesar 3%, jauh tertinggal dibandingkan TikTok.

Kemudian, sebanyak 2,4% pengguna aktif media sosial memilih FB Messenger sebagai platform favorit. Diikuti, Telegram, LINE, dan Pinterest yang masing-masing sebesar 1,6%, 1,5%, dan 1,5%. Sisanya, sebanyak 1,3% memilih platform Snapchat, 1% memilih Xiaohongshu, dan 0,8% memilih iMessage pada kuartal IV/2023.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper