Mengenal RTGS Satelit Satria-I Bakti dan Manfaatnya, untuk Keamanan - Kesehatan

Leo Dwi Jatmiko
Sabtu, 10 Agustus 2024 | 08:19 WIB
Satelit Satria saat diluncurkan dari Florida, Amerika Serikat/doc. istimewa
Satelit Satria saat diluncurkan dari Florida, Amerika Serikat/doc. istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) berupaya untuk memangkas kesenjangan digital dengan menghadirkan jaringan internet ke daerah terdepan, terluar dan terpencil (3T). Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan Remote Terminal Ground Segment (RTGS) atau alat penangkap sinyal Satelit Satria.

Apa itu RTGS Satelit Satria Bakti? 

RTGS merupakan komponen penting untuk mendukung operasional dari Satelit Satria Bakti. RTGS berupa stasiun-stasiun bumi yang berfungsi sebagai titik akses komunikasi antara satelit Satria I dan pengguna akhir di bumi. 

Melalui stasiun-stasiun ini, sinyal internet yang ditembakan oleh Satria akan diteruskan ke perangkat pengguna, serta menerima data kembali dari pengguna untuk diteruskan ke satelit. Dengan adanya RTGS, konektivitas internet bisa dijangkau oleh komunitas yang sebelumnya tidak memiliki akses tersebut.

RTGS memiliki beberapa manfaat krusial dalam mengoptimalkan peran Satelit Multifungsi Satria-I. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari RTGS untuk daerah terpencil:

1. Konektivitas di Daerah Terpencil

RTGS memungkinkan akses internet masuk ke daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh infrastruktur komunikasi terestrial seperti kabel fiber optik. Artinya, peran ini sangat membantu memangkas kesenjangan digital antara daerah perkotaan dan pedesaan.

2. Peningkatan Layanan Publik:

Konektivitas yang dihadirkan oleh RTGS ke perangkat kemudian dapat digunakan oleh fasilitas-fasilitas publik seperti sekolah, puskesmas, kantor desa, dan lain-lain. Misalnya, sekolah dapat mengakses materi pembelajaran online, puskesmas dapat berkomunikasi dengan rumah sakit besar di perkotaan untuk konsultasi medis, dan kantor desa dapat mengelola administrasi dengan lebih efisien.

Stasiun Bumi Satelit Satria-I
Stasiun Bumi Satelit Satria-I

3. Peningkatan Ekonomi:

 Konektivitas internet yang hadir juga dapat membuka peluang ekonomi baru di daerah terpencil, seperti peluang kerja jarak jauh, e-commerce, dan akses ke informasi pasar. Ini dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

5. Keamanan dan Tanggap Darurat:

RTGS dapat membantu dalam koordinasi tanggap darurat, penyebaran informasi bencana, dan komunikasi antar lembaga penanggulangan bencana. Infrastruktur komunikasi yang andal dapat menyelamatkan ribuan hingga jutaan nyawa. 

6. Peningkatan Layanan Pemerintah:

   - Pemerintah dapat menyediakan layanan digital yang lebih baik kepada warganya, termasuk e-government, layanan administrasi online, dan pelaporan warga.

7. Penyebaran Informasi Kesehatan:

Internet yang hadir lewat RTGS juga membantu dalam hal informasi kesehatan, kampanye vaksinasi, dan program kesehatan lainnya dapat lebih mudah disebarkan ke daerah-daerah terpencil, membantu meningkatkan kesehatan masyarakat.

Secara singkat RTGS Satria-I berperan untuk menangkap sinyal dari Satria-I untuk kemudian didistribusikan ke perangkat-perangkat yang ada di bumi atau sebaliknya. Tanpa adanya RTGS, maka beragam potensi besar seiring hadirnya internet dapat terganggu. 

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper