Apa Itu Sinkhole, Diduga Penyebab Perempuan di Malaysia Hilang Misterius?

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 1 September 2024 | 11:20 WIB
Lubang sinkhole/badan geologi AS usgs.gov
Lubang sinkhole/badan geologi AS usgs.gov
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang perempuan keturunan India di Malaysia hilang misterius usai terjatuh ke dalam lubang di sebuah jalan sedalam 8 meter.

Hingga kini, proses pencarian perempuan yang disebut jatuh diduga ke dalam sinkhole itu, masih dilakukan di hari ketujuh kejadian tersebut.

Pertanyaannya, kenapa jatuhnya perempuan tersebut ke dalam lubang di tengah kota bisa mengakibatkannya hilang berhari-hari?

Banyak orang mengatakan karena itu adalah faktor sinkhole.

Lubang pembuangan atau sinkohle adalah cekungan di tanah yang tidak memiliki drainase permukaan eksternal alami. Pada dasarnya, ini berarti bahwa saat hujan, semua air tetap berada di dalam lubang pembuangan dan biasanya mengalir ke bawah permukaan.

Dilansir dari badan geologi AS, sinkhole paling umum terjadi di tempat yang oleh para ahli geologi disebut sebagai " medan karst ". Ini adalah wilayah tempat jenis batuan di bawah permukaan tanah dapat larut secara alami oleh air tanah yang mengalir melaluinya. Batuan yang dapat larut meliputi lapisan dan kubah garam, gipsum, batu kapur, dan batuan karbonat lainnya. 

Ketika air hujan mengalir ke bawah melalui tanah, jenis batuan ini mulai larut. Hal ini menciptakan ruang bawah tanah dan gua.

Lubang amblas bersifat dramatis karena tanah biasanya tetap utuh selama beberapa waktu hingga ruang bawah tanah menjadi terlalu besar. Jika tidak ada cukup dukungan untuk tanah di atas ruang tersebut, maka permukaan tanah dapat runtuh secara tiba-tiba.

Sementara itu, dilansir dari laman resmi Universitas Sumatra Utara, sinkhole artinya lubang yg terjadi secara tiba-tiba dampak amblasnya bagian atas tanah.

Lubang runtuhan atau sinkhole ialah depresi alami atau lubang pada topografi permukaan yg ada akibat hilangnya lapisan tanah atau bantalan batuan, atau keduanya yang umumnya terjadi dampak aliran air pada bawah tanah.

Lubang runtuhan memiliki ukuran yg bervariasi berasal kurang dari satu meter hingga ratusan meter dalam diameter serta kedalamannya, dan jua tidak bergantung berasal jenis lapisan tanah dan bantalan batuan di atasnya. Pembentukan lubang runtuhan ini bisa terjadi berangsur-angsur atau secara mendadak, ditemukan di berbagai kawasan pada dunia. Pengertian Sinkhole Atau Lubang

Sinkhole kebanyakan terjadi pada daerah yg berada pada atas permukaan batu kapur yang mampu menampung banyak air di aquifer, yaitu lapisan kawasan air dapat mengalir pada bawah tanah.

Seiring dengan air tanah yg secara perlahan mengalir melalui batu kapur, air itu akan menghasilkan lanskap yang diklaim karst. di akhirnya akan terbentuk sebuah gua, mata air, dan sejumlah lubang amblasan lainnya.

Air di aquifer jua bisa memberi tekanan di batu kapur serta membantu menstabilkan lapisan permukaan tanah. Bisanya berupa tanah liat, endapan lumpur, dan pasirPengertian Sinkhole Atau Lubang

Sinkhole bisa pula dipicu oleh beban berlebih yg tak jarang ditimbulkan hujan deras atau banjir. waktu air keluar dari rongga batu kapur, tekanan yang menopang material di permukaan tanah pula hilang. karena itu, lapisan atas bisa tiba-tiba amblas.

Sinkhole juga terbentuk dari kegiatan manusia, seperti runtuhnya tambang yang ditinggalkan hal ini sporadis / langka akan tetapi masih sesekali terjadi.

Umumnya, sinkhole terjadi pada daerah perkotaan akibat kerusakan pada saluran air utama atau runtuhnya saluran pembuangan waktu pipa-pipa tua sudah rusak. Sinkhole dapat pula terjadi karena overpumping serta ekstraksi air tanah serta fluida bawah tanah.

Sinkhole jua bisa terbentuk waktu pola drainase alam berubah serta sistem pengalihan air yang baru dikembangkan. Beberapa sinkhole terbentuk saat bagian atas tanah berubah, seperti ketika kolam industri serta penyimpanan limpasan air diciptakan, berat substansial berasal materi baru bisa memicu runtuhnya materi pendukung tanah, sebagai akibatnya mengakibatkan sebuah sinkhole.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper