Meta Menyerah, Whatsapp Eropa Dapat Terima Pesan dari Telegram Cs Tahun Depan

Leo Dwi Jatmiko
Minggu, 8 September 2024 | 01:12 WIB
Logo aplikasi pesan instans whatsapp
Logo aplikasi pesan instans whatsapp
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meta berencana memperbolehkan obrolan pihak ketiga di WhatsApp dan Messenger. Perubahan ini bakal terealisasi tahun depan.

Perubahan yang akan berlaku bagi pengguna di Uni Eropa ini memperkenalkan opsi baru untuk menempatkan pesan Messenger dan WhatsApp di kotak masuk yang sama dengan obrolan pihak ketiga atau memisahkannya.

Meta telah berupaya menghadirkan obrolan pihak ketiga ke WhatsApp dan Messenger hanya untuk pengguna mereka di Uni Eropa. 

Perusahaan tersebut dianggap sebagai "penjaga gerbang digital" berdasarkan Undang-Undang Pasar Digital UE, yang berarti harus mematuhi persyaratan yang membuat WhatsApp dan Messenger dapat dioperasikan dengan aplikasi pihak ketiga, seperti iMessage, Telegram, Google Messages, Signal, dan lainnya.

Tampilan percakapan di Whatsapp dan mesenger/meta
Tampilan percakapan di Whatsapp dan mesenger/meta

Tahun depan, Meta juga akan mulai menyertakan opsi untuk membuat grup dengan orang lain dalam obrolan pihak ketiga. Namun, rencana Meta untuk interoperabilitas lebih dari sekadar pengiriman pesan — perusahaan tersebut mengatakan akan meluncurkan dukungan untuk panggilan video dan suara pihak ketiga baru akan terjadi pada 2027.

Aplikasi pihak ketiga akan menyediakan notifikasi baru ke Messenger dan WhatsApp, yang akan memberi tahu pengguna kapan mereka dapat menautkan obrolan dari aplikasi yang baru didukung. 

Dilansir dari The Verge, Minggu (9/9/2024) Meta mengatakan bahwa aplikasi ini telah "melampaui fitur 'dasar' yang diperlukan untuk pengiriman pesan yang dapat dioperasikan" dan akan menawarkan fitur pengiriman pesan yang lengkap, seperti reaksi, balasan langsung, indikator pengetikan, dan tanda terima baca.

Sebelumnya, WhatsApp menawarkan lebih banyak pilihan bagi pengguna untuk mengekspresikan diri dengan stiker kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). 

Anak usaha Meta itu juga telah bermitra dengan GIPHY untuk menghadirkan koleksi stiker yang luas bagi pengguna.

Dilansir dari blog resmi WhatsApp, Kamis (15/8/2024), integrasi ini memungkinkan pengguna menemukan dan membagikan stiker yang relevan dan menarik, tanpa harus meninggalkan aplikasi .

WhatsApp menjelaskan, untuk mengakses stiker GIPHY, pengguna hanya perlu mengetuk ikon stiker dan melakukan pencarian menggunakan teks atau emoji.

Selanjutnya, pengguna bisa membuat stiker khusus menggunakan Meta AI. Sayangnya, fitur pembuatan stiker AI ini hanya tersedia di perangkat Android dan iOS di Amerika Serikat (AS).

“Saat ini, pembuatan stiker AI tersedia di iPhone dan Android di AS. Pengguna Android juga dapat menguji pembuatan stiker AI dalam bahasa Spanyol dan Bahasa Indonesia,” demikian yang dikutip pada Kamis (15/8/2024).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper