Menang Gugatan, Tim Cook Beri Pelajaran ke Masimo Perusahaan Penjiplak Apple

Lukman Nur Hakim
Senin, 28 Oktober 2024 | 10:15 WIB
CEO Apple Tim Cook tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (17/4/2024). JIBI/Akbar Evandio
CEO Apple Tim Cook tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (17/4/2024). JIBI/Akbar Evandio
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple, perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook, memenangkan gugatan atas perusahaan teknologi kesehatan Masimo Corp terkait fitur pada jam tangan pintar Masimo khususnya model W1 dan Freedom.

Perusahaan tersebut terbukti menjiplak desain Apple dan harus membayar denda. 

Melansir dari The Verge, Senin (28/10/2024) Masimo harus membayar sekitar $250 atau sekitar Rp3,9 juta kepada Apple dikarenakan melanggar hak paten milik Apple.

Meski hanya mendapatkan uang ganti rugi yang kecil, Pengacara Apple John Desmarais mengatakan bahwa pihaknya tidak mencari uang dalam kasus ini.

Diriny menyebut, Apple hanya meminta Masimo dan perusahaan lain nantinya agar tidak menjiplak atau menduplikat desain Apple.

"Kami tidak di sini untuk uang. Perusahaan berharap agar Masimo berhenti menyalin desain kami,” kata Desmarais, Senin (28/10/2024).

Dalam laporan tersebut, hakim menemukan bahwa adanya kesengajaan yang dilakukan Masimo terkait desain asli modul kesehatan W1 dan Freedom dan pengisi daya, sehingga melanggar hak paten desain Apple

Keputusan ini menandakan kemenangan bagi Apple dalam melindungi kekayaan intelektualnya, khususnya terkait elemen desain teknologi jam tangan pintarnya. 

Tampilan smartwatch Masimo/website
Tampilan smartwatch Masimo/website

Adapun, hasil persidangan hari ini merupakan hasil gugatan balik pihak Apple dalam gugatan hukum yang sedang berlangsung dengan Masimo. 

Gugatan ini dimulai setelah adanya klaim Masimo bahwa hak patennya telah dipakai oleh Apple pada fitur oksimetri denyut nadi di Apple Watch. Fitur ini memungkinkan pemilik Watch mengukur kadar oksigen dalam darah mereka. 

Sekadar informasi, Masimo memiliki produk bernama Masimo Freedom. 

Masimo Freedom adalah sebuah jam tangan pintar yang dirancang khusus untuk memantau kesehatan Anda. Jam tangan ini memiliki fitur unggulan dalam mengukur tingkat oksigen darah (SpO2), detak jantung, dan hidrasi tubuh.

Fitur ini sangat penting, terutama bagi mereka yang memiliki masalah pernapasan atau ingin memantau kesehatan secara keseluruhan. Masimo dikenal dengan teknologi pengukuran SpO2 yang akurat, sehingga Anda bisa mendapatkan data yang dapat diandalkan.

Kembali ke Apple, diketahui Apple menonaktifkan fitur tersebut di Apple Watch Seri 9 dan Ultra 2, dan fitur tersebut juga tidak ada di Seri 10 yang baru. 

Batasan-batasan ini hanya berlaku di Amerika Serikat, dengan Apple mengajukan banding atas larangan impor pada model-model dengan fitur yang dipermasalahkan tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper