Shopee Diduga Monopoli, Ini Alur Pemilihan Jasa Kurir Tokopedia, Blibli, dan Lazada

Redaksi
Rabu, 29 Mei 2024 | 14:47 WIB
Ilustrasi transaksi e-commerce./ Dok Freepik
Ilustrasi transaksi e-commerce./ Dok Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Shopee Indonesia sedang menjalani persidangan di Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) terkait dugaan praktik monopoli jasa kurir, karena tidak memberikan opsi kepada pelanggan dalam memilih jasa kurir. Lantas bagaimana alur pemilihan kurir di Tokopedia, Blibli dan Lazada?  

Diketahui, sebelumnya pengguna Shopee bisa memilih berbagai penyedia layanan pengiriman. Namun, sejak 2021, Shopee menetapkan aturan baru yang menghilangkan opsi bagi konsumen untuk memilih penyedia jasa pengiriman. Shopee hanya memberitahu variasi harga pengiriman.

Ketika konsumen melakukan transaksi pembelian, Shopee akan menawarkan fitur "Pilih Opsi Pengiriman". Shopee akan menyediakan 3 jenis opsi yaitu, Reguler, Hemat, dan Kargo.

Sebelum 2021, konsumen bisa langsung memilih jasa ekspedisi seperti Shopee Express, JNT, JNE dan Sicepat. Namun, saat ini konsumen akan secara otomatis memakai layanan yang telah ditetapkan Shopee. Kecuali, konsumen melakukan pengubahan saat memesan. Nantinya akan ada fitur yang menawarkan pilihan jasa kurir yang konsumen inginkan selain dari Shopee Express.

Meninjau dari E-commerce lainnya seperti Tokopedia, sebelum konsumen secara resmi membuat pemesanan, akan ada fitur "Pilih Kurir". Fitur tersebut memungkinkan konsumen untuk memilih jasa ekspedisi yang memang disediakan oleh penjual beserta dengan varian harganya.

Sama halnya dengan Shopee, sebelum pemesanan, Blibli juga menawarkan berbagai opsi metode pengiriman. Ada Ekonomi, Cargo, Standard, Express, SameDay, dll.

Menurut laman resmi Blibli, jasa logistik yang bekerja sama dengan Blibli adalah BES Paket, JNE, NCS, First Logistics, NSS, SAP, GoSend, Grab Express, SiCepat, Anteraja, IDL, Indah, Janio, MEX, Ninja, Paxel, Rara, Union, AEI, dan Tukang Kirim. Jasa logistik partner ditentukan langsung oleh Blibli. Pengguna hanya dapat memilih jenis pengirimannya saja.

E-commerce Lazada juga menawarkan estimasi lama pengiriman dan ongkir produk yang bisa dilihat di kolom "Pilihan Pengiriman". Namun, pemilihan jasa kurir tetap ditentukan oleh pihak Lazada. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper