7 Cara Mendeteksi Akun Whatsapp yang Disadap

Redaksi
Jumat, 18 Oktober 2024 | 10:48 WIB
Cara mengecek Whatsapp yang disadap
Cara mengecek Whatsapp yang disadap
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Akun Whatsapp yang disadap tanpa sepengetahuan pemilik akan sangat berbahaya mengingat banyaknya modus kejahatan online saat ini.

Dikutip dari Gadgethouse, Jumat (18/10/2024) Whatsapp yang memiliki fitur web juga memberikan peluang terjadinya penyadapan. Oleh karena itu berikut telah dirangkum 4 cara mendeteksi akun whatsapp yang disadap.

1. Tinjau Semua Perangkat yang Ditautkan di WhatsApp

Metode pertama dan terpenting untuk mendeteksi akses tidak sah ke akun WhatsApp Anda adalah dengan meninjau semua perangkat yang ditautkan di aplikasi. Setelah ditinjau, Anda dapat keluar dari 'akses login' yang ditautkan ke perangkat yang tidak dikenal.

Buka WhatsApp di perangkat Anda dan ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas untuk mengakses Perangkat Tertaut.

Selanjutnya, tinjau daftar semua perangkat yang terhubung untuk mengidentifikasi perangkat yang tidak dikenal/mencurigakan yang terhubung ke WhatsApp Anda.

Untuk menghapus perangkat tak dikenal dari daftar ini, ketuk perangkat tersebut dan tekan tombol Keluar untuk mencabut akses akun Anda dari perangkat yang ditautkan.

2. Lihat Secara Teliti Pesan Masuk yang Belum Dibuka

Jika Anda mencurigai seseorang memiliki akses ke akun Anda dan telah menggunakannya secara aktif, maka Anda harus melihat lebih dekat semua utas obrolan dan kontak baru yang mungkin telah ditambahkan ke akun WhatsApp Anda.

Anda harus mengamati dan mengidentifikasi dengan cermat keberadaan pesan tidak dikenal yang belum Anda kirim kepada seseorang yang menggunakan akun Anda. Demikian pula, Anda dapat mengetuk ikon Pesan Baru dan menelusuri daftar kontak Anda untuk menemukan siapa pun yang mungkin belum Anda tambahkan ke WhatsApp Anda baru-baru ini.

3. Periksa Detail Profil dan Kontak Anda

Sering dilaporkan bahwa orang yang memiliki akses tidak sah ke akun WhatsApp seseorang, cenderung mengubah detail akun dasar dari akun yang disusupi seperti gambar profil dan detail kontak lainnya.

Jika Anda yakin bahwa akun WhatsApp Anda telah disusupi dan digunakan oleh seseorang, maka Anda harus memeriksa apakah detail akun Anda seperti gambar profil dan detail dasar lainnya akurat dan tidak berubah. Inilah cara Anda dapat melihat detail akun Anda di WhatsApp.

Buka WhatsApp dan ketuk ikon tiga titik untuk membuka pengaturan aplikasi.

Selanjutnya, ketuk spanduk profil Anda di bagian atas untuk memperluas detail akun dasar seperti nama, tentang, nomor telepon, dan gambar profil. Pastikan detailnya utuh dan tidak berubah.

4. Keluar dari Whatsapp Otomatis

Jika akun WhatsApp Anda sedang aktif digunakan oleh orang lain di perangkat lain, maka Anda pasti akan menerima kesalahan 'Ponsel Ini Tidak Dapat Diverifikasi' saat membuka WhatsApp di ponsel cerdas Anda. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat memverifikasi dan menyiapkan akun WhatsApp Anda lagi di perangkat Anda menggunakan nomor telepon Anda.

5. Meminta Kode OTP

Akun Whatsapp yang disusupi oleh seseorang menggunakan device smartphone membutuhkan kode OTP untuk memverifikasi diri agar bisa masuk ke dalam Whatsapp. Oleh karena itu, cek pesan masuk pada smartphone apabila mengalami kejadian-kejadian seperti diatas.

6. Muncul Notifikasi Aneh

Apabila perangkat anda sedang disadap atau malah mengalami pembajakan, biasanya akan muncul notifikasi aneh yang tidak pernah ada sebelumnya. Misalnya, notifikasi permintaan data yang tidak pernah anda lakukan sebelumnya, atau bukan berdasarkan pembaharuan suatu sistem. Tanda-tanda seperti ini harus anda perhatikan dengan seksama

7. Baterai Cepat Habis

Kemunculan aplikasi penyadapan memungkinkan seseorang menyadap dengan menginstall aplikasi di Smartphone anda. Apabila dalam penggunaan smartphone baterai sering berkurang secara drastis tanpa adanya masalah teknis dalam baterai, anda patut mencurigai aplikasi penyadapan yang bergerak di latar belakang. Hal ini memungkinkan smartphone anda disadap lewat aplikasi pihak ketiga.

Cara pencegahan Whatsapp Disadap

Amankan WhatsApp dengan Verifikasi Dua Langkah

Setelah Anda mengidentifikasi keberadaan orang lain yang tidak sah di akun WhatsApp Anda, Anda dapat mengamankannya dengan mengaktifkan verifikasi dua faktor di dalamnya. Ini akan membantu Anda mengatur PIN unik 6 digit untuk mengakses akun WhatsApp Anda.

Setelah diaktifkan, PIN ini wajib diperlukan untuk mengakses akun Anda saat masuk dan digunakan dari perangkat lain. WhatsApp juga secara rutin terus memverifikasi akses akun dengan secara rutin memeriksanya dengan popup verifikasi dua langkah. Inilah cara mengaktifkan fitur keamanan ini di WhatsApp Anda.

1. Buka pengaturan aplikasi WhatsApp Anda dan ketuk opsi Akun untuk mengoonfigurasinya.

2. Selanjutnya, tekan opsi Verifikasi Dua Langkah dan ketuk tombol Aktifkan untuk mengaktifkannya di akun Anda.

3. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN 6 digit unik untuk mengamankan akun Anda dengannya. Pastikan Anda mengingat dan mencatat PIN ini untuk mengakses akun Anda.

4. Anda juga akan diminta untuk memasukkan alamat email pemulihan saat mengonfigurasi fitur keamanan ini yang akan membantu Anda memulihkan akses ke WhatsApp jika Anda lupa PIN 6 digit Anda.

Itulah 7 cara mendeteksi Whatsapp anda telah disadap oleh seseorang, apabila kejadian terus berlangsung dan mulai menimbulkan kerugian materil segera lapor kepada pihak terkait Whatsapp untuk melakukan pemblokiran. (Enrich Samuel)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper