Viral Medsos Lokal Elaelo, Ancam Data Pribadi hingga Diblokir

Ni Luh Anggela
Selasa, 18 Juni 2024 | 09:00 WIB
Tampilan aplikasi Elaelo, aplikasi yang mengeklaim sebagai pengganti X.com (Twitter)
Tampilan aplikasi Elaelo, aplikasi yang mengeklaim sebagai pengganti X.com (Twitter)
Bagikan

Fase Uji Coba

Pertama, platform masih dalam fase uji coba sehingga ketika mendapat pendaftar dalam jumlah besar, Elaelo mengalami gangguan dan tidak berhasil diakses.

Hal serupa, kata dia, juga terjadi pada platform milik mantan Presiden AS Donald Trump, Truth. Saat pertama kali diluncurkan, platform tersebut mengalami hal serupa dan akhirnya dapat berfungsi setelah diatasi gangguannya.

“Kemungkinan kedua, dan ini harus diwaspadai, adanya pihak tertentu yang memanfaatkan peluncuran platform baru ini untuk phising,” ungkapnya.

Phising merupakan bentuk pencurian data pribadi pengguna perangkat digital, yang juga mengincar username dan password.

Dia menuturkan, berdasarkan kebiasaan username dan password pemilik akun di Indonesia seringkali tidak berbeda antara platform satu dengan yang lain. Sehingga ketika berhasil dipancing, pelaku phising akan mencoba untuk menembus platform-platform lain seperti media sosial, email, lokapasar, atau bahkan rekening.

Sementara itu, Pengamat Teknologi dari Vaksincom Alfons Tanujaya mempertanyakan kebenaran pemilik dari platform tersebut.

“Siapa yang klaim Elaelo buatan pemerintah? Domainnya saja tidak secure. Owner-nya dicari aksaradigital,” ungkapnya kepada Bisnis, Minggu (17/6/2024).

Menurutnya, jika benar platform tersebut merupakan milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), hal tersebut tentu menjadi pertanyaan besar mengingat domain Elaelo tidak aman. Selain itu, dia mengatakan bahwa sebagai regulator pemerintah seharusnya tidak menjadi pemain.

“Kalau benar Kemkominfo sih harusnya jadi pertanyaan besar kok websitenya seperti itu. Lagipula Kemkominfo kan regulator kok jadi pemain,” pungkasnya.

Lenyap

Sementara itu, berdasarkan pantauan Bisnis.com, pada Senin (17/6/2024), pukul 16.21 WIB, platform dengan alamat elaelo.id tidak dapat diakses.

“This account has been suspended [akun ini telah ditangguhkan],” demikian bunyi tampilan pada laman Elaelo, dikutip Senin (17/6/2024).

Belum diketahui secara pasti penyebab platform tersebut ditangguhkan. Selain itu, belum ada pernyataan resmi dari pemerintah mengenai platform Elaelo.

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper