ShopTokopedia Mall: ShopTokopedia yang Dikembangkan

Redaksi
Sabtu, 20 Juli 2024 | 10:24 WIB
Founder INTHEBOX, Tobi Gunawan dan Senior Director of Ecommerce ShopTokopedia, Stephanie Susilo sedang berbincang/Yoga
Founder INTHEBOX, Tobi Gunawan dan Senior Director of Ecommerce ShopTokopedia, Stephanie Susilo sedang berbincang/Yoga
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - ShopTokopedia Mall merupakan kolaborasi antara Tokopedia dan ShopTokopedia yang hadir sebagai tempat belanja online yang lebih luas dan terpercaya.

Tren e-commerce di Indonesia masih terus meningkat. Menurut Bank Indonesia, secara volume, transaksi e-commerce naik dari 3,49 miliar kali pada tahun 2022 menjadi 3,71 miliar kali pada tahun 2023. Sementara nilai transaksi e-commerce pada tahun 2023 mencapai Rp453,75 triliun. 

Tokopedia dan ShopTokopedia pun terus berupaya mendorong kemajuan pelaku usaha di Indonesia, sekaligus memperkaya pengalaman pengguna dalam bertransaksi online, untuk bersama-sama berkontribusi terhadap perekonomian digital nasional. Salah satu upayanya adalah dengan menghadirkan ShopTokopedia Mall.

Hari ini ShopTokopedia Mall secara resmi diluncurkan. ShopTokopedia Mall hadir dengan tujuan membantu pelaku usaha di Indonesia melakukan ekspansi dan eskalasi bisnis sekaligus meningkatkan kepercayaan para konsumen. Selain itu, ShopTokopedia juga hadir untuk meningkatkan kenyamanan dan pengalaman masyarakat dalam bertransaksi daring.

Penjual di ShopTokopedia yang berstatus Mall bisa meningkatkan kepercayaan pembeli dan visibilitas toko/produk lewat sederet keuntungan, antara lain: mendapatkan badge khusus 'Mall' yang bisa menaikkan kepercayaan pembeli, pengelolaan toko/produk yang lebih eksklusif, serta voucher pengiriman spesial.

“Penjual bisa menikmati solusi pemasaran yang lebih komprehensif untuk mendapatkan eksposur yang lebih tinggi, dengan hadir di berbagai posisi strategis pada consumer purchase journey, atau mengikuti berbagai kampanye ekslusif. Data internal ShopTokopedia menunjukkan bahwa sepanjang semester I 2024, penjual berstatus 'Mall' mengalami pertumbuhan bisnis hingga 3 kali lipat lebih tinggi," kata Stephanie Susilo, Senior Director of Ecommerce ShopTokopedia.

Somethinc sebagai produk kecantikan, Aerostreet sebagai produk sepatu sekaligus pakaian, dan INTHEBOX sebagai produk kebutahan tidur seperti kasur, adalah 3 dari banyaknya produk yang sudah bergabung dengan ShopTokopedia. Mereka mengaku bahwa kepercayaan lebih oleh para konsumen adalah dampak paling penting yang mereka dapat setelah bergabung dengan ShopTokopedia. 

Dampak untuk pelaku usaha

1. Somethinc

Somethinc adalah produk kecantikan yang berdiri pada tahun 2019 silam. Hal ini dipicu oleh permintaan para konsumen terhadap produk kecantikan internasional. Dengan itu, penemu somethinc, Benny Yahya, membangun produk kecantikan lokal tersebut dengan kualitas berstandar internasional.

Dia mengaku bahwa konten pada platform TikTok melalui konten ShopTokopedia membantunya dalam meningkatkan awareness sekaligus exposure terhadap produk, konten afiliasi (affiliate) adalah salah satu contohnya. Namun, kepercayaan lebih oleh para konsumen melalui batch/status ‘Mall’ adalah dampak terpenting menurutnya. 

2. Aerostreet

Aerostreet adalah produk sepatu sekaligus pakaian yang berdiri pada tahun 2015. Produk ini memberikan alas kaki berkualitas tinggi, seperti penggunaan teknologi injeksi agar pengeleman agar sepatu lebih awet. Dengan kualitas tinggi, produk Aerostreet tetap dijual dengan harga yang terjangkau.

Menurut Vice President Aerostreet, Rizal Maulana, produknya sempat mengalami penurunan pada masa pandemi. Tetapi hebatnya, Aerostreet berhasil mempertahankan bisnisnya bahkan mengalami kenaikan penjualan berkali-kali lipat setelah bergabung dengan platform online seperti Tokopedia, sampai akhirnya bergabung ke ShopTokopedia.

Namun serupa dengan somethinc, dia juga mengaku bahwa dampak terpenting yang didapatnya setelah bergabung dalam ShopTokopedia adalah kepercayaan lebih oleh para konsumen terhadap produknya yang didapat melalui batch/status ‘Mall’.


3. INTHEBOX

INTHEBOX adalah produk kebutuhan tidur yang terdiri dari kasur, bantal, guling, dan sofa bed. INTHEBOX memberikan barang dengan kualitas terbaik dengan harga terjangkau. Produk ini memiliki prinsip mengelola sisa hasil produksi yang akan disumbangkan ke tempat yang sepatutnya.

Penemu INTHEBOX, Tobi Gunawan, mengatakan bahwa Tokopedia dan ShopTokopedia memiliki 2 audiens yang berbeda, sehingga hal tersebut dapat dimaksimalkan. Dan lagi-lagi, dampak terpenting yang didapat setelah bergabung dengan ShopTokopedia adalah kepercayaan lebih oleh para konsumen ketika mendapatkan batch/status ‘Mall’.

Dampak untuk konsumen (pembeli)

ShopTokopedia bekerja sama dengan sederet toko resmi menghadirkan 'Mall' demi mempermudah masyarakat mendapatkan beragam produk kebutuhan. Lewat ShopTokopedia Mall, masyarakat bisa mendapatkan berbagai keuntungan, antara lain beragam produk kebutuhan sehari-hari dengan jaminan 100% asli, gratis ongkos kirim (ongkir), dan gratis 15 hari pengembalian. (Yoga Al Kemal)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper