eFishery Milik Northstar - Softbank Umumkan PHK, Ini Penyebabnya

Leo Dwi Jatmiko, Rika Anggraeni
Jumat, 26 Juli 2024 | 13:27 WIB
Logo eFishery tertempel di alat Feeder makanan ikan/ website eFishery
Logo eFishery tertempel di alat Feeder makanan ikan/ website eFishery
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Unicorn eFishery mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah karyawan yang tidak disebutkan jumlahnya. Padahal, tahun lalu perusahaan asal Bandung tersebut sempat mendapat pendanaan Seri D sebesar US$200 juta. 

Dilansir dari laman resmi, eFishery yang bergerak di sektor akuakultur mengamankan pendanaan Seri D senilai 200 juta USD (sekitar Rp3 triliun) pada 7 Juli 2023. 

Rencananya, pendanaan tersebut digunakan untuk mengakselerasi target perusahaan dalam mengembangkan komunitas pembudidaya di Indonesia dan meningkatkan transaksi di eFishery.

Putaran pendanaan seri D ini dipimpin oleh 42XFund, yang didukung oleh Association Wang Association, responsive Ability, 500Globals (perusahaan modal ventura multitahap), serta beberapa investor baru lainnya. 

Investor awal eFishery seperti Northstar, Temasek, dan Softbank juga turut berpartisipasi dalam putaran pendanaan ini. Selain itu, ada pula Goldman Sachs yang secara eksklusif bertindak sebagai penasihat pendanaan. 

Adapun pada 24 Juli 2024 atau satu tahun setelah meraih pendanaan, eFishery memutuskan melakukan perampingan. 

Vice President of Public Affairs eFishery Muhammad Chairil mengatakan bahwa keputusan PHK ini didasarkan pada perubahan strategi perusahaan.

“Keputusan ini diambil dengan pertimbangan yang sangat matang berdasarkan restrukturisasi dan perubahan strategi bisnis perusahaan, dan eFishery memahami dampaknya terhadap para individu,” kata Chairil dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Jumat (26/7/2024).

Chairil menyampaikan bahwa sebagai bentuk dukungan penuh bagi para karyawan yang terdampak, eFishery berkomitmen untuk melakukan upaya yang terbaik bagi karyawan, salah satunya dengan memberikan dukungan berupa bantuan pencarian kerja.

eFishery, kata Chairil, akan membantu karyawan yang terdampak dalam mencari peluang karir baru yang sesuai dengan minat dan keahlian.

Selain itu, eFishery akan memberikan konseling dan dukungan kepada karyawan yang terdampak PHK. Dalam hal ini, eFishery menyediakan layanan konseling dan dukungan untuk membantu karyawan yang terdampak melewati masa transisi ini.

Di samping itu, eFishery juga akan membantu memfasilitasi proses transisi karyawan yang terdampak sehalus dan semudah mungkin.

Lebih lanjut, Chairil menyampaikan bahwa bagi karyawan yang tetap bersama eFishery, perusahaan sangat menghargai komitmen dan dedikasi yang telah terjalin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper