Apple Dikabarkan Bakal Rilis iPad Lipat dan iPhone Flip di 2026, Minat?

Rika Anggraeni
Senin, 5 Agustus 2024 | 19:08 WIB
iPad Pro 2024/dok Apple
iPad Pro 2024/dok Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Raksasa teknologi Apple dikabarkan akan meluncurkan iPad lipat pada 2026. Rumornya, iPhone lipat juga bakal diluncurkan pada tahun yang sama.

Melansir dari MacRumors, Senin (5/8/2024), Analis Display Supply Chain Consultants (DSCC), Ross Young, mengungkap bahwa Apple sedang mengerjakan layar yang dapat dilipat berukuran hingga 20 inci untuk notebook atau buku catatan yang dapat dilipat. Hal ini kemungkinan dapat merujuk pada perangkat iPad lipat.

Dengan ukuran sekitar 20 inci, perangkat lipat yang tengah digarap Apple bisa menampilkan resolusi layar 4K atau bahkan lebih tinggi.

Mark Gurman dari Bloomberg juga mengatakan bahwa Apple tengah mengembangkan iPad dengan layar yang lebih besar. Sementara itu, Analis Apple Ming-Chi Kuo juga mengatakan bahwa Apple sedang mengerjakan iPad yang dapat dilipat.

Adapun, menurut The Elec, Apple disebut-sebut sedang mengembangkan layar lipat OLED 20 inci yang dapat ditujukan untuk MacBook atau iPad masa depan. Layarnya berukuran 20,25 inci yang akan menampilkan layar 15,3 inci saat dilipat.

Bahkan, The Elec juga mengklaim Apple tengah menggarap perangkat yang dapat dilipat dengan ukuran sekitar 7–8 inci yang bisa menggantikan iPad mini 8,3 inci. Kabarnya, Apple akan meluncurkan perangkat tersebut antara 2026 dan 2027.

Analis Jeff Pu meyakini Apple akan merilis perangkat lipat layar besar atau Mac paling cepat pada 2025, diikuti oleh ‌iPhone. Apple dapat memulai produksi perangkat lipat berukuran 20,3 inci pada akhir 2025.

Lebih lanjut, teknologi yang diduga tengah digarap Apple dengan LG Display akan membuat perusahaan menggunakan kaca penutup yang sangat tipis. Menurut analis Apple ‌Ming-Chi Kuo‌, Apple sedang menguji teknologi layar kertas elektronik (EPD) yang dapat digunakan pada perangkat lipat di masa mendatang.

Apple dilaporkan khawatir akan layar dan engsel ‌iPad‌ lipat, termasuk lipatan layar. Raksasa asal AS itu bekerja sama dengan LG dan Samsung untuk menemukan solusi yang mengurangi lipatan.

Analis Ross Young berharap perangkat seperti tablet yang dapat dilipat meluncur pada 2026 atau 2027, sedangkan analis Jeff Pu telah memperkirakan perangkat tersebut dapat hadir paling cepat pada kuartal II/2026.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper