Ikan Purba yang Dianggap Telah Punah 60 Juta Tahun Lalu, Muncul Lagi

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 17 September 2024 | 13:55 WIB
Coelacanth, wrecklessmarine, Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0/fws.gov
Coelacanth, wrecklessmarine, Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0/fws.gov
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ahli zoologi menyebutkan ada beberapa ikan tertua yang dikenal sains, salah satunya ikan lobus yang dikenal sebagai coelacanth.

Namanya sendiri terdengar kuno. Coelacanth pertama kali berevolusi pada periode awal Devonian, sekitar 400 juta tahun yang lalu.

Dan ternyata, ikan purba ini masih dapat ditemukan di lautan saat ini. Para ahli, sebelum coelacanth ditemukan kembali pada tahun 1938, berasumsi bahwa coelacanth telah punah pada akhir periode Cretaceous, 65-70 juta tahun yang lalu.

Dilansir dari Forbes, Coelacanth adalah contoh “takson Lazarus”, hewan yang tampaknya hilang dari catatan fosil dan ditemukan kembali dalam bentuk yang sama jutaan tahun kemudian.

Hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan. Seringkali, hal ini menyoroti betapa sporadis dan tidak lengkapnya catatan fosil, terutama ketika jumlah individu dalam takson tertentu rendah.

Komunitas zoologi terguncang pada tahun 1938 ketika seorang pegawai museum berusia 32 tahun, Marjorie Courtenay-Latimer, yang bekerja di kota kecil London Timur di Afrika Selatan, dihadiahi seekor ikan yang tidak dapat diidentifikasi. Ikan ini ditangkap oleh nelayan lokal saat memancing di luar muara Sungai Chalumna di Eastern Cape, Afrika Selatan.

Courtenay-Latimer juga tidak dapat mengidentifikasi ikan tersebut, jadi dia melakukan taksidermi dan mencari pendapat dari seorang ahli Profesor James Leonard Brierley Smith, seorang dosen universitas dan ahli kehidupan laut.

Dia mengatakan ikan itu memang seekor coelacanth purba. Penemuan ini mengejutkan komunitas zoologi dan mendapatkan pengakuan internasional baik dari Brierley Smith maupun Courtenay-Latimer.

Menariknya, spesimen kedua baru ditemukan setelah 15 tahun. Coelacanth kedua ditemukan pada tahun 1952 oleh dua nelayan di Kepulauan Komoro – rangkaian pulau kecil yang terletak di antara Madagaskar dan daratan Afrika.

Pada tahun 1990-an, para ilmuwan kembali membuat penemuan penting, menemukan spesies coelacanth kedua di kepulauan Indonesia. Jadi, saat ini, coelacanth terbagi dalam dua spesies: coelacanth Samudera Hindia Barat (Latimeria chalumnae), terutama ditemukan di dekat Kepulauan Comoro di lepas pantai timur Afrika, dan coelacanth Indonesia (Latimeria menadoensis).

Secara keseluruhan, kombinasi adaptasi evolusioner, stabilitas lingkungan, dan relung ekologi khusus yang dimiliki coelacanth telah membantunya bertahan melalui perubahan signifikan dalam sejarah bumi.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa coelacanth purba mampu bertahan dalam ujian waktu.

1. Adaptasi

Coelacanth memiliki sejumlah ciri fisiologis unik yang cocok untuk mereka selama jutaan tahun. Misalnya, sirip dada mereka yang berbentuk lobus, yang diperkirakan merupakan cikal bakal anggota tubuh vertebrata darat, mampu beradaptasi dengan baik untuk bermanuver di lingkungan bawah air yang dalam dan kompleks.

2. Lingkungan yang stabil

Coelacanth menghuni lingkungan yang dalam dan stabil, seperti gua bawah air dan laut dalam, yang tidak banyak berubah seiring berjalannya waktu secara geologis. Lingkungan ini memiliki lebih sedikit predator dan lebih sedikit persaingan, sehingga membantu coelacanth menghindari tekanan evolusi yang drastis.

3. Metabolisme rendah

Coelacanth memiliki tingkat metabolisme yang relatif rendah, sehingga memungkinkan mereka bertahan hidup di lingkungan di mana makanan mungkin langka. Metabolisme mereka yang lambat berkontribusi pada kemampuan mereka untuk menahan perubahan lingkungan dalam jangka waktu lama.

4. Ceruk khusus

Relung ekologi mereka—biasanya di perairan dalam dan dingin—tidak banyak berubah. Stabilitas di habitatnya berarti mereka menghadapi lebih sedikit tekanan untuk beradaptasi dibandingkan dengan spesies yang hidup di lingkungan yang lebih bervariasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper