Tokopedia Siap Tebar Promo pada Tanggal Kembar (Harbolnas)

Rika Anggraeni
Jumat, 27 September 2024 | 19:11 WIB
Warga mengakses aplikasi Tiktok di Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Warga mengakses aplikasi Tiktok di Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Tokopedia dan ShopTokopedia bakal menghadirkan berbagai kebutuhan masyarakat dengan harga terjangkau dalam momentum Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024. Di sisi lain, pengamat memperkirakan daya beli yang lemah tantangan Harbolnas pada tahun ini. 

Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce Aditia Grasio Nelwan mengatakan bahwa perusahaan menghadirkan berbagai kampanye, salah satunya dengan promosi setiap tanggal kembar.

“Untuk membantu masyarakat mendapatkan berbagai produk kebutuhan dengan lebih terjangkau termasuk menjelang akhir tahun, Tokopedia dan ShopTokopedia menghadirkan berbagai kampanye. Salah satunya, Promo Guncang di setiap tanggal kembar,” kata Aditia kepada Bisnis, Jumat (27/9/2024).

Pada Promo Guncang 9.9 lalu, Aditia menyampaikan bahwa masyarakat bisa mendapatkan diskon hingga 90% dan flash sale Rp9.000.

Berdasarkan catatan perusahaan, promo ini telah terbukti membantu penjual di ekosistem Tokopedia dan ShopTokopedia dalam meningkatkan penjualan.

Begitu pun dengan Promo Guncang 5.5 dan 6.6 2024, yang masing-masing berhasil meningkatkan penjualan lebih dari 66% dan lebih dari 72%.

“Kami sangat mengapresiasi tingginya animo masyarakat dalam berbelanja di Tokopedia dan ShopTokopedia khususnya saat momen tanggal kembar,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Aditia, Tokopedia dan ShopTokopedia juga terus menghadirkan sederet kampanye di berbagai kategori produk. Misalnya melalui kampanye Beli Lokal, yang diluncurkan pada momen 12.12 2023 bersama pemerintah, untuk meningkatkan eksistensi karegori produk lokal dengan berbagai penawaran menarik, mulai dari diskon, flash sale, dan cashback.

Ada pula kampanye Fashion dan Beauty di Tokopedia dan ShopTokopedia yang juga menawarkan diskon, flash sale, dan cashback.

Lebih lanjut, Aditia mengungkap bahwa Tokopedia dan ShopTokopedia akan memberikan pengalaman belanja lebih baik di momentum tanggal kembar.

“Tokopedia dan ShopTokopedia pun akan terus berupaya memberikan pengalaman belanja yang lebih baik agar masyarakat bisa memenuhi berbagai kebutuhan termasuk di momen tanggal kembar,” ujarnya.

Sebelumnya, Pengamat ekonomi digital memproyeksikan transaksi Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024 mengalami pertumbuhan melambat, imbas daya beli masyarakat yang melemah. 

Platform e-commerce seperti Shop Tokopedia, Shopee, Lazada hingga Blibli diperkirakan tidak selaku tahun lalu saat menggelar promo pada hari kembar 10.10, 11.11, dan puncaknya 12.12.

Direktur Ekonomi Digital dan Ekonom Center of Economic and Law Studies (Celios) Nailul Huda melihat pertumbuhan belanja online Harbolnas tahun ini akan melambat dibandingkan tahun lalu.

Jika dibandingkan tahun lalu, Huda menyampaikan bahwa pertumbuhan belanja online Desember 2023 tumbuh 23,7% dibandingkan periode 2022. Untuk tahun ini, dia memperkirakan pertumbuhannya tidak akan mencapai 23,7%. 

“Saya melihat ada di angka 22–23% saja jika dibandingkan tahun lalu. Salah satu indikator pemicunya perlambatan konsumsi rumah tangga,” kata Huda kepada Bisnis, Jumat (27/9/2024).

Huda menyebut bahwa tekanan daya beli dan “berhemat” di perusahaan e-commerce bisa menjadi faktor penghambat pertumbuhan belanja Harbolnas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper