Meta Blokir Akun yang Lacak Jet Pribadi Milik Publik Figur, Langgar Privasi

Lukman Nur Hakim
Senin, 28 Oktober 2024 | 15:59 WIB
Logo meta/website
Logo meta/website
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meta, perusahaan induk Instagram dan Whatsapp, akan memblokir akun yang melacak jet atau pesawat pribadi milik publik figur.

Melansir dari The Verge, Senin (28/10/2024) puluhan akun Threads dan Instagram yang mengikuti jejak pesawat pribadi para publik figur telah ditangguhkan minggu ini.

Jack Sweeney seorang mahasiswa yang menggunakan Threads untuk mengikuti jejak para publik figur mendapati akun miliknya diblokir tanpa penjelasan mengapa akunnya dihapus.

Sweeney, merupakan orang pertama kali menjadi terkenal sebagai kreator akun @ElonJet di Twitter (sekarang dikenal sebagai X), menggunakan data jalur penerbangan publik untuk melacak pergerakan banyak selebritas. 

Akunnya mencakup semua orang mulai dari Elon Musk dan Mark Zuckerberg hingga Kim Kardashian dan Jeff Bezos. Namun seperti yang disebutkannya, akun X miliknya pernah ditutup.

Lalu, pada awal tahun ini, Taylor Swift mengancam akan menuntutnya karena melacak jet pribadinya, yang menyebabkan akun @taylorswiftjets ditangguhkan.

Meskipun Sweeney telah menerima peringatan dan pembaruan status tentang penangguhan sebelumnya, ia mengatakan bahwa penangguhan baru-baru ini dilakukan tanpa pesan dari Meta, yang mengelola Instagram dan Threads.

Sebaliknya, akun-akun tersebut diblokir, sehingga Sweeney tidak dapat berinteraksi dengan mereka atau menerima informasi tentang alasan penangguhan tersebut.

"Mengingat risiko bahaya fisik terhadap individu, dan sesuai dengan rekomendasi Dewan Pengawas independen, kami telah menonaktifkan akun-akun ini karena melanggar kebijakan privasi kami," kata juru bicara Meta mengutip The Verge, Senin (28/10/2024).

Meskipun Meta menyebut Sweeney tidak sesuai dengan standar perusahaan. Namun, pelacakan penerbangan adalah aktivitas yang sepenuhnya legal untuk dilakukan oleh siapa pun.

Meski Sweeney sendiri menyesali keputusan Meta, para selebritas yang dilacaknya mungkin sedang merayakan karena mereka bisa terbang dengan pesawat pribadi tanpa perlu khawatir seluruh internet mengetahui di mana mereka berada.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper