Apple Mac Mini: Ukuran Makin Kecil, USB-A Dihilangkan

Lukman Nur Hakim
Senin, 28 Oktober 2024 | 08:50 WIB
Logo Apple Inc. di Fifth Avenue di New York, Amerika Serikat. Bloomberg/Jeenah Moon
Logo Apple Inc. di Fifth Avenue di New York, Amerika Serikat. Bloomberg/Jeenah Moon
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, akan mengumumkan versi terbaru dari Mac Mini  yang memiliki ukuran lebih kecil dan dilengkapi dengan chip M4. Perusahaan menghilangkan USB-A dalam seri terbaru itu. 

Untuk diketahui, USB A digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat, seperti perangkat penyimpanan Flash drive, hard drive eksternal, perangkat input (Keyboard, mouse) perangkat output (Printer, monitor) hingga perangkat lainnya seperti Smartphone, kamera, gamepad. 

Sejak diluncurkan pada tahun 2005, Mac Mini telah menjadi pilihan populer bagi pengguna yang mencari desktop kompak dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Melansir dari The Verge, Senin (28/10/2024) Mark Gurman dari Bloomberg telah melaporkan bahwa Mac Mini yang menggunakan chip M4.

Mark menyebut desain ini tidak akan banyak berubah dari generasi sebelumnya, Mac Mini mendapatkan revitalisasi signifikan berkat transisi ke Apple Silicon. 

“Versi terbaru ini dikatakan menyusut ukurannya secara signifikan sehingga ukurannya akan menyerupai Apple TV dan menjadikannya lebih menarik secara visual,” kata Mark melansir dari The Verge. Senin (28/10/2024).

Mark menyampaikan, Mac Mini 2024 akan dilengkapi dengan lima port USB-C, termasuk dua port di bagian depan, menghilangkan kebutuhan untuk membalik perangkat saat menghubungkan perangkat. Meskipun USB-A tidak lagi tersedia, keberadaan port HDMI tetap dipertahankan.

Mark pun menyebut bahwa Mac Mini tetap menjadi pilihan menarik bagi pengguna yang menginginkan kombinasi kinerja dan harga yang bersaing, meskipun dalam keluarga Mac, produk lain seperti iMac dan MacBook Pro menawarkan keunggulan tersendiri.

Adapun, peluncuran Mac Mini baru ini diharapkan tak berselang lama setelah peluncuran macOS Sequoia, yang menambahkan fitur baru seperti iPhone Mirroring dan window tiling. 

Dengan semua pembaruan ini, banyak pengguna berharap Mac Mini baru akan menjadi pilihan utama untuk kebutuhan komputasi rumah.

Sementara itu, ada kekhawatiran bahwa Apple mungkin membatasi perhatian pada Mac Mini agar tidak mengganggu penjualan Mac Studio. Namun, banyak yang optimis bahwa kedua perangkat akan memiliki tempatnya masing-masing dalam ekosistem Mac.

Dengan semua inovasi yang akan datang, Mac Mini terbaru tampaknya siap menciptakan pilihan baru bagi masyarakat luas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper