Microsoft Sebut 8,5 Juta Perangkat Windows Terdampak Pembaharuan Crowdstrike

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 22 Juli 2024 | 08:00 WIB
Logo Microsoft di salah satu gedung/Reuters
Logo Microsoft di salah satu gedung/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Microsoft , perusahaan teknologi global asal Amerika Serikat, menyebut pembaharuan perangkat lunak Crowdstrike berdampak pada 8,5 juta perangkat Windows di seluruh dunia.

Dalam blognya, Microsoft menulis berdasarkan hasil perkiraan sementara CrowdStrike mempengaruhi 8,5 juta perangkat Windows. 

“Atau kurang dari satu persen dari seluruh mesin Windows,” kata Microsoft dikutip dari Blog, Senin (22/7/2024). 

Sementara itu Reuters melaporkan pembaruan perangkat lunak yang dilakukan oleh perusahaan keamanan siber global CrowdStrike, salah satu operator terbesar di industri ini, memicu masalah sistem yang membuat penerbangan terhenti, memaksa lembaga penyiaran berhenti mengudara, dan membuat pelanggan tidak memiliki akses ke layanan seperti layanan kesehatan atau perbankan.

“Meskipun persentasenya kecil, dampak ekonomi dan sosial yang luas mencerminkan penggunaan CrowdStrike oleh perusahaan yang menjalankan banyak layanan penting,” lanjut Microsoft dalam postingan blognya.

CrowdStrike telah membantu mengembangkan solusi yang akan membantu infrastruktur Azure Microsoft mempercepat perbaikan, kata Microsoft, seraya menambahkan bahwa mereka bekerja sama dengan Amazon Web Services dan Google Cloud Platform, berbagi informasi tentang dampak yang dilihat Microsoft di seluruh industri.

Apa Itu Crowdstrike?

CrowdStrike merupakan perusahaan keamanan siber asal Amerika Serikat (AS) yang menawarkan intelijen ancaman dan perlindungan dari serangan siber ke berbagai perusahaan besar.

CrowdStrike banyak digunakan oleh banyak bisnis di seluruh dunia untuk mengelola keamanan PC dan server Windows, termasuk Microsoft. CrowdStrike menghasilkan perangkat lunak (software) keamanan untuk server Windows, yaitu Sensor Falcon.

Berdasarkan informasi yang tertera di laman resminya, dikutip pada Sabtu (20/7/2024), CrowdStrike mengklaim bahwa perusahaan mengamankan area risiko yang paling penting, mulai dari beban kerja cloud, identitas, dan data, untuk menjaga pelanggan tetap unggul dari musuh saat ini dan menghentikan pelanggaran.

Logo Crowdstrike
Logo Crowdstrike

Perusahaan menambahkan, didukung oleh CrowdStrike Security Cloud, platform CrowdStrike Falcon memanfaatkan indikator serangan real-time, intelijen ancaman dalam mengembangkan keahlian musuh, dan telemetri.

“Dengan CrowdStrike, pelanggan mendapatkan keuntungan dari perlindungan yang unggul, kinerja yang lebih baik, pengurangan kompleksitas, dan ketepatan waktu terhadap nilai,” demikian yang dikutip dari laman resminya.

Melansir dari Tom’s Guide, Sabtu (20/7/2024), CrowdStrike didirikan oleh George Kurtz, Dmitri Alperovitz, dan Gregg Marston dengan valuasi lebih dari US$80 miliar.

Falcon, produk andalannya, merupakan platform keamanan siber yang melindungi titik akhir dalam jaringan melalui arsitektur cloud-native. Produk ini juga dapat mendeteksi dan merespons serangan dalam sistem atau pada titik akhir tertentu.

Produk ini juga mencakup sistem antivirus bertenaga AI yang menggunakan analisis perilaku untuk mengidentifikasi dan mengatasi berbagai ancaman. Adapun, Falcon banyak digunakan di beberapa organisasi perusahaan terbesar di planet ini.

Atas terjadinya insiden ini, Presiden & CEO CrowdStrike George Kurtz menyampaikan bahwa perusahaan terus bekerja sama dengan pelanggan dan mitra yang terdampak untuk memastikan semua sistem dipulihkan.

“Saya membagikan surat yang saya kirim ke pelanggan dan mitra CrowdStrike. Seiring penyelesaian insiden ini, saya berjanji untuk memberikan transparansi penuh mengenai bagaimana hal ini terjadi dan langkah-langkah yang kami ambil untuk mencegah kejadian serupa di masa depan,” kata Kurtz melalui akun media sosial X (sebelumnya Twitter), Sabtu (20/7/2024).

Kurtz menyatakan perusahaan tengah mengerjakan pembaruan teknis dan analisis akar penyebab yang akan dibagikan untuk publik.

“Kami akan terus memperbarui temuan kami saat penyelidikan berlangsung,” tambahnya di cuitan lain di akun X miliknya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper