Indosat - Telkomsel Optimalisasi Jaringan Internet di Aceh-Sumut Jelang PON XXI

Sabtu, 7 September 2024 | 20:26 WIB
Petugas memantau trafik internet guna memastikan layanan data tetap optimal/dok. Indosat
Petugas memantau trafik internet guna memastikan layanan data tetap optimal/dok. Indosat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Tbk. (ISAT) dan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) meningkatkan jangkauan dan kualitas internet di Aceh dan Sumatra Utara (Sumut) guna mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI.

Director and Chief Technology Officer Indosat Desmond Cheung mengatakan perusahaan telah melakukan uji coba kesiapan jaringan secara menyeluruh, di mana tim teknis Indosat sudah disiagakan untuk memantau selama 24/7 guna menjamin kenyamanan pelanggan.

Perusahaan, jelasnya, menyiapkan beberapa hal untuk memastikan kelancaran aktivitas digital seluruh kontingen dan penonton.

Pertama, sejumlah Base Transceiver Station (BTS) dan perangkat repeater telah ditambahkan di lokasi-lokasi strategis untuk menghadirkan cakupan jaringan luas dengan sinyal yang kuat, terutama di area dengan potensi kebutuhan layanan internet yang tinggi

Kedua, Indosat melakukan optimasi balancing trafik dan peningkatan kapasitas BTS yang menjangkau lokasi pertandingan PON XXI untuk mengantisipasi lonjakan kenaikan trafik internet.

Ketiga, menempatkan Mobile BTS (MBTS) di Stadion Deli Serdang untuk memastikan semua pengguna, termasuk atlet, ofisial, penonton, hingga awak media mendapatkan layanan digital yang cepat dan stabil.

“Dengan MBTS, Indosat dapat menangani peningkatan trafik data, telepon, dan SMS dengan baik selama puncak acara PON XXI berlangsung,” kata Desmond dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (7/9/2024)

Hal tersebut, tambahnya, akan membantu menghindari gangguan atau penurunan kualitas layanan yang mungkin terjadi akibat adanya lonjakan pengguna.

Sementara itu, Telkomsel menyediakan jaringan 5G di 12 lokasi strategis, pengoptimalan jaringan 4G di 257 site eksisting, hingga pemasangan 14-unit Compact Mobile BTS (COMBAT) selama PON XXI digelar. 

Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna mengatakan perusahaan berkomitmen untuk terus mendukung berbagai acara kenegaraan tingkat nasional dan internasional dengan layanan telekomunikasi mumpuni.

“Seluruh kesiapan infrastruktur, termasuk kehadiran jaringan 5G terkini kami di PON XXI Aceh-Sumut 2024 merupakan bagian dari upaya kami untuk memastikan kelancaran komunikasi dan pengalaman digital terbaik bagi seluruh peserta,” kata Indra dikutip Kamis (5/9/2024). 

Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan untuk memberikan pengalaman konektivitas berkecepatan tinggi yang andal bagi seluruh peserta, termasuk di lokasi-lokasi penting seperti Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, Sumut Sport Center, wisma atlet, bandara, tempat penginapan, media center dan area strategis lainnya.

Telkomsel juga menyiapkan berbagai produk dan layanan pelanggan untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi para atlet, official, volunteer, serta pengunjung yang dapat ditemukan di berbagai lokasi, seperti pusat layanan di Media Center Hotel Hermes Aceh hingga 12 GraPARI yang tersebar di berbagai lokasi Aceh dan Sumatera Utara, 

Selain itu, Telkomsel juga menghadirkan berbagai penawaran khusus selama perhelatan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Pelanggan dapat memanfaatkan Surprise Deal PON XXI yang menawarkan paket data hingga 25 GB selama tujuh hari dengan harga spesial pada tanggal 7-8 September dan 20-21 September. 

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper