Profil eFishery, Dapat Pinjaman Bank hingga Pendanaan Rp3 Triliun Sebelum PHK

Leo Dwi Jatmiko,Rika Anggraeni
Jumat, 26 Juli 2024 | 14:51 WIB
CEO eFishery Gibran H. berfoto bersama para pegawai perusahaan di India/dok. X.com
CEO eFishery Gibran H. berfoto bersama para pegawai perusahaan di India/dok. X.com
Bagikan

Pinjaman OCBC

Co-Founder & Chief Executive Officer eFishery, Gibran Huzaifah mengatakan, dana Rp500 miliar itu akan dimanfaatkan oleh eFishery untuk sejumlah keperluan. "Kami akan hubungkan pembudidaya ikan ke pasar yang lebih luas, termasuk ke pasar ekspor," ujarnya.

eFishery sendiri mempunyai fasilitas pinjaman modal kerja untuk pembudidaya lewat program Kabayan. Total hampir 20.000pembudidaya yang sudah mendapatkan penyaluran pinjaman tersebut.

Pinjaman OCBC

9 February 2023, eFishery mendapatkan pinjaman bilateral dari OCBC NISP senilai Rp250 miliar sebagai modal.

Dana segar ini akan dipakai untuk membiayai kebutuhan modal kerja dalam mendukung pertumbuhan penjualan dalam negeri dan peningkatan ekspor.

Kerja sama ini merupakan lanjutan setelah tahun lalu, kedua perusahaan memulai kerja sama yang dituangkan dalam pemberian dukungan pembiayaan kepada pembudidaya eFishery melalui program KTA Cashbiz OCBC NISP yang disalurkan oleh layanan Kabayan eFishery.

Pendanaan Seri D Rp3 Triliun

Setelah meraih pendanaan dari sejumlah perbankan, pada 7 Juli 2024 eFishery yang bergerak di sektor akuakultur mengamankan pendanaan Seri D senilai 200 juta USD (sekitar Rp3 triliun). 

Rencananya, pendanaan tersebut digunakan untuk mengakselerasi target perusahaan dalam mengembangkan komunitas pembudidaya di Indonesia dan meningkatkan transaksi di eFishery.

Putaran pendanaan seri D ini dipimpin oleh 42XFund, yang didukung oleh Association Wang Association, responsive Ability, 500Globals (perusahaan modal ventura multitahap), serta beberapa investor baru lainnya. 

Investor awal eFishery seperti Northstar, Temasek, dan Softbank juga turut berpartisipasi dalam putaran pendanaan ini. Selain itu, ada pula Goldman Sachs yang secara eksklusif bertindak sebagai penasihat pendanaan. 

Juli 2024 PHK 

Setelah meraih pendanaan seri D, setahun berselang eFishery melakukan PHK untuk jumlah yang tidak disebutkan. 

Vice President of Public Affairs eFishery Muhammad Chairil mengatakan bahwa keputusan ini diambil dengan pertimbangan yang sangat matang berdasarkan restrukturisasi dan perubahan strategi bisnis perusahaan. “Dan eFishery memahami dampaknya terhadap para individu,” kata Chairil dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Jumat (26/7/2024).

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper