Biznet vs First Media vs MyRepublic, Siapa Tercepat di Pulau Jawa Juni 2024?

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 18 Juli 2024 | 14:27 WIB
Kecepatan internet dan aplikasi yang mengalir di atas infrastruktur serat optik/ilustrasi
Kecepatan internet dan aplikasi yang mengalir di atas infrastruktur serat optik/ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Biznet, MyRepublic dan First Media gencar menggelar jaringan hingga pertengahan 2024 guna meningkatkan kualitas layanan atau menjangkau wilayah baru. Lantas, jaringan siapa yang di Pulau Jawa? 

Opensignal, perusahaan nirlaba yang fokus pada penghitungan kecepatan jaringan internet, melakukan riset dengan membandingkan pengalaman pengguna jasa internet (internet service provider /ISP) utama yang ada di Pulau Jawa, di antaranya adalah Biznet, MyRepublic, dan First Media. Riset berlangsung selama 90 hari dengan periode analisis mulai dari 6 Maret 2024 hingga 6 Juli 2024 untuk melihat bagaimana kinerja ISP tersebut. 

Peneliti Opensignal Robert Wyrzykowski mengatakan Biznet mendapatkan nilai tertinggi di Pulau Jawa dalam Kecepatan Unggah. Pengguna Biznet menikmati kecepatan upload rata-rata 8,6% lebih cepat dibandingkan dengan MyRepublic yang berada di posisi kedua.
Robert menjelaskan kecepatan unduh-unggah menunjukkan kecepatan sehari-hari yang biasa dirasakan pengguna di seluruh jaringan penyedia layanan.

“Kecepatan Unggah menjadi faktor yang makin penting bagi pengguna TikTok dan streamer; yang tak lain bertujuan untuk berbagi konten secara online,” kata Robert, dikutip Kamis (18/7/2024). 

Sementara itu untuk unduh, kata Robert, Biznet dan First Media berbagi posisi teratas sebagai ISP di Pulau Jawa yang memiliki kecepatan unduh rata-rata di atas 30Mbps. Kecepatan rerata unduh Biznet 32,2 Mbps atau naik sekitar 5,3 Mbps dibandingkan dengan Juni 2023. Sementara itu First Media sebesar 31,8 Mbps, naik 5,7 Mbps secara tahunan. 

“Nilai mereka ini lebih cepat 25% dibandingkan CBN, MyRepublic, dan Oxygen.id, yang berada di posisi ketiga. Baik Biznet dan First Media mengalami peningkatan dalam skor Kecepatan Unduh dan Kecepatan Unduh Puncak mereka di sekitar Pulau Jawa sejak laporan sebelumnya,” kata Robert. 

Robert mengatakan Biznet juga menduduki posisi pertama dalam Kecepatan Ungguh Puncak, dengan skor lebih dari 150Mbps, memberikan margin kemenangan yang cukup besar (19,2%) atas runner-up First Media.

 First Media unggul dalam Pengalaman Video dan berhasil masuk kategori Sangat Baik (68-78) bersama dengan Oxygen.id yang berada di posisi kedua. 

“Ini berarti pengguna kami rata-rata dapat melakukan streaming video dengan kualitas 1080p atau lebih baik dengan waktu pemuatan yang memuaskan dan hanya mengalami waktu henti yang sedikit. Sebagian besar ISP mendapat nilai Baik (58-68) untuk layanan video, dengan Indosat HiFi dan Orbit berada di kategori Cukup (48-58),” kata Robert. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper